6 Manfaat Besar Konsumsi Seafood

Di Indonesia, yang notabene negara kepulauan, tentu ikan sudah biasa menjadi menu sehari-hari. Selain karena merupakan hasil laut sendiri, masyarakat Indonesia juga gemar mengonsumsinya karena dinilai memiliki manfaat yang tinggi. Tak hanya ikan, seafood alias sajian bahari lainnya pun terkenal lezat untuk disantap. Namun, dewasa ini, banyak orang yang kerap enggan menyantap seafood sebab dirumorkan dapat meningkatkan kadar kolesterol. Benarkah seperti itu?

Salah! Meskipun memang mengonsumsinya secara berlebihan dapat menyebabkan kadar kolesterol tinggi, namun manfaat seafood untuk kesehatan tetap tak kalah banyak. Bahan pangan yang berasal dari laut, terbukti memiliki kadar protein yang jauh lebih tinggi dibandingkan ikan atau udang air tawar. Kadar lemaknya pun rendah, dan kandungan Omega-3 di dalamnya yang tinggi sangat bermanfaat untuk regenerasi sel tubuh Gan-Sis. Penasaran apa saja manfaat seafood untuk kesehatan? Yuk, simak rincian manfaat seafood unutk kesehatan berikut ini!

1. Menurunkan risiko hipertensi

Tahukah Gan-Sis bahwa salah satu manfaat seafood untuk kesehatan adalah untuk menurunkan risiko hipertensi? Seperti yang telah diketahui, jika dimasak dengan baik (tanpa minyak berlebih), seafood memiliki kadar lemak jenuh yang rendah. Kandungan ini terdapat paling rendah pada kepiting, lobster, dan udang, yang juga mengandung sumber protein baik. Semua itu, ditambah dengan asam lemak Omega-3 di dalamnya berpotensi besar mengurangi risiko hipertensi. Sebagai referensi, ikan yang mengandung kadar Omega-3 tinggi, antara lain adalah salmon, sardin, herring, dan makarel.

2. Meningkatkan daya ingat

Sedikit yang mengetahui bahwa dengan hanya mengonsumsi ikan laut sekali seminggu, daya ingat Gan-Sis dapat meningkat perlahan. Tak hanya meningkatkan daya ingat, memakan ikan secara teratur juga bisa mempertahankan daya ingat Gan-Sis agar tetap bagus. Hebat, bukan?

3. Meningkatkan kesuburan

Belum pernah dengar? Bagi pasangan yang tengah mengharapkan kehadiran hati, Gan-Sis dianjurkan untuk rajin memakan ikan salmon matang atau kerang (tiram). Sebab, kandungan Omega-3 dan protein yang tinggi di dalamnya sangat baik untuk kesehatan organ reproduksi. Hal ini digadang-gadang dapat meningkatkan peluang kehamilan 2 kali lipat. Mau?

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Kandungan Omega-3 di dalam jenis-jenis ikan laut, cumi, serta udang ternyata mampu mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam darah Gan-Sis. Hal inilah yang kemudian memperkecil risiko Gan-Sis untuk terkena penyakit jantung. Ingat, Gan-Sis harus memasaknya tanpa digoreng dengan minyak berlebih, ya!

5. Mencegah penyakit Alzheimer

Manfaat seafood untuk kesehatan otak salah satunya adalah mencegah penyakit Alzheimer. Berbagai kandungan seafood yang terdapat dalam ikan laut, udang, dan kerang-kerangan terbukti mengurangi risiko Gan-Sis terkena penyakit Alzheimer. Tak hanya itu, semua kandungan tersebut juga mampu mengurangi depresi, dementia, serta memperbaiki mood Gan-Sis.

6. Mencerdaskan anak

Manfaat seafood untuk kesehatan yang terakhir adalah mencerdaskan otak si buah hati yang nantinya akan dilahirkan. Percaya atau tidak, beberapa studi terakhir menunjukkan bahwa seorang iu hamil yang secara teratur mengonsumsi ikan (atau minyak ikan) akan melahirkan dengan inteligitas di atas rata-rata.

Nah, itu dia 6 manfaat seafood untuk kesehatan yang kerap Gan-Sis lupakan. Meskipun banyak rumor beredar tentang sifat jelek seafood, namun jika diolah dengan benar, sajian-sajian bahari tersebut dapat memberi manfaat yang luar biasa! Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *