8 Cara Membuat Ruangan Kerja Menjadi Asik

Kalian bosan dengan suasana dan ruang kerja yang begitu gitu saja? Terjebak dengan suasana membosan kan mengakibatkan produktivitas kita menurun loh teman

Bekerja dari rumah merupakan impian setiap orang. Tidak perlu bangun sangat pagi hanya untuk berdesak-desakkan dalam kereta dan bis, tidak perlu lelah dan marah menghadapi kemacetan jalan raya dengan puluhan bahkan ratusan kendaraan tiap harinya, ataupun dipusingkan dengan berbagai jenis orang dalam satu ruangan.

Intinya, bekerja dari rumah merupakan kemewahan yang luar biasa. Jika Anda sudah bisa menghasilkan uang hanya dengan membuka laptop dari sudut rumah, tentu ruang kerja haruslah dibuat senyaman mungkin.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan guna menciptakan area kerja yang nyaman di rumah tercinta.

1. Pilih Ruangan yang Tepat

Memilih ruangan yang tepat untuk dijadikan tempat kerja adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan karena hal tersebut akan mempengaruhi banyak hal. Pilih bagian rumah yang mempunyai area kosong cukup luas.

2. Pilih Meja yang Memiliki Sudut

Meja kerja biasanya berbentuk persegi panjang, jika Anda menggunakan meja kerja yang konvensional, pilih meja kerja berbentuk L. Meja seperti ini memiliki dua area kerja sehingga Anda bisa mengatur di mana area untuk menulis, mengetik dan bagian mana untuk menaruh alat-alat, seperti printer, telepon, faks, dan lain-lain.

3. Gunakan Furnitur yang Nyaman

Belilah furnitur yang mendukung kenyamanan Anda dalam bekerja. Belilah kursi yang memang diperuntukkan untuk bekerja. Biasanya, menggunakan kursi yang empuk dapat membuat nyaman untuk diduduki berlama-lama. Sesuaikan dengan tinggi meja yang Anda gunakan. Lebih bagus lagi jika kursi tersebut memiliki pengaturan agar dapat disesuaikan dengan keperluan Anda.

4. Buat Meja Kerja Selalu Rapi

Memiliki meja kerja besar dan artistik akan percuma jika semua barang tergeletak tak beraturan di atasnya. Meja kerja yang berantakan akan menurunkan produktivitas kerja. Waktu Anda tidak akan terbuang percuma hanya untuk mencari berkas yang hilang jika semuanya tertata dengan baik. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Anda merapikan meja kerja Anda.

5. Pencahayaan Harus Maksimal

Sesuaikan cahaya dengan kebutuhan, tidak harus terang-benderang. Beli lampu kerja dengan model unik dan cocok diletakkan di area kerja. Cahaya yang bagus akan membuat mata Anda tidak cepat lelah. Cahaya dan lampu yang menarik juga bisa membantu meningkatkan mood dalam menyelesaikan berkas-berkas atau artikel yang mendekati tenggat waktu

6. Perhatikan Penggunaan Alat-alat Listrik

Letakkan perangkat yang memang mendukung pekerjaan, seperti laptop atau PC, printer, dan satu kabel charger handphone. Namun, jika memang Anda memerlukan banyak barang elektronik, usahakan agar semuanya tertata rapi. Gunakan stop kontak agar semua kabel tidak menumpuk di satu tempat dan berpotensi menjadi kusut.

7. Jangan Biarkan Dinding Kosong

Dinding di depan meja kerja adalah ruang yang bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Anda bisa menjadikannya sebagai tempat meletakkan berbagai macam pengingat atau catatan yang diperlukan tanpa harus membuka-buka smartphone atau tablet. Dinding juga bisa menjadi tempat Anda melepas lelah dari seharian memelototi layar komputer. Pajang beberapa gambar menarik yang menggambarkan kepribadian Anda.

8. Tanaman Hias

Unsur hijau juga akan mengurangi kepenatan mata karena terlalu sering menatap layar komputer. Tidak perlu tanaman mahal, tanaman mini yang bisa hidup dalam pot pun sudah cukup. Tanaman di ruang kerja bisa mengurangi stres pekerjaan dan meningkatkan kreativitas serta produktivitas.

nah jangan lupa diaplikasikan dan semoga bermanfaat yaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *