Berapa Budget Traveling ke Korea? Yuk kita bahas

Korea lover pasti mengidam idamkan pergi kenegara idola mereka pasti nya ya.Kebanyakan nonton drama Korea, jadi makin pengen jalan-jalan ke Korea, tepatnya Korea Selatan. Ibaratnya itu napak tilas jejak-jejak drama yang udah aku tonton.

Alhamdulillah, minggu kemarin aku baru pulang dari Korea Selatan dan sekarang mau bagi-bagi pengalaman aku buat kalian semua.

Pertanyaan pertama kalian pasti, berapa sih budget jalan-jalan ke Korea?
emoticon-Traveller

Jawabannya:
1. Tergantung berapa lama kamu di sana
2. Mau tidur di hotel mewah, budget atau hostel?
3. Akan di pusat kota aja atau keliling kota-kota lainnya?

Paspor

Oke akan aku jelasin ya GanSist. Jadi hal pertama yang harus dipikirkan waktu jalan-jalan ke luar negeri adalah PASPOR. Pastiin agan udah punya paspor, kalau belum, bisa langsung bikin dulu aja di Kantor Imigrasi terdekat, biayanya Rp 300ribu untuk paspor biasa dan Rp 655.000 untuk e-passport.

Tiket pesawat

Paspor udah di tangan, yuk hunting tiket promo! Alhamdulillah aku dapet tiket promo dari burung biru alias Garuda seharga Rp 3,8 juta Pulang-Pergi Direct Jakarta – Seoul pas GATF di bulan Maret untuk berangkatnya bulan November. Nunggunya agak lama sih, tapi ya ini murah banget dan sekalian nabung (hampir) 1 tahun. Kenapa milihnya November? Karena kita pengen ngerasain musim salju alias winter, maklum anak tropis belum pernah winter trip dan pengen lihat salju emoticon-Malu (S)

Visa Kunjungan

Beres tiket, satu hal dokumen paling penting selain paspor adalah VISA gan! Loh apa bedanya visa sama paspor? Ini dia tahapan yang paling bikin aku deg-degan. Karena diterima atau nggaknya permohonan visa itu hak preogratifnya si pejabat konsuler ybs. Aku apply langsung di Kedubes Korea Selatan yang lokasinya di Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Buat info lebih lengkap langsung cek aja di website mereka. Biayanya Rp 544.000 gan untuk Single Visa ya. Insya Allah selama persyaratan dokumennya lengkap sih approve.

Akomodasi/ tempat tinggal selama di sana

Setelah semua dokumen udah di tangan dan rencana jalan-jalan juga udah ada, saatnya mikirin bakalan tinggal di mana sesuai preferensi gansist. Kalo aku sih anaknya hemat alias irit alias ala-ala backpacker gitu, jadi kita milih tinggal di hostel yang letaknya deket sama stasiun Subway. Untuk kamarnya juga aku pilih kamar yang dorm untuk 8 orang, jadi kasurnya itu bunk bed alias tingkat. Mikirnya sih, kan di hostel cuma numpang tidur sama mandi aja, lagian dari pagi sampai malem kan nggak di kamar, jadi mending yang murah aja. Tapi sekali lagi ini sesuai preferensi masing-masing ya gansist. Harganya per malam 10.000 won atau sekitar Rp 126.000.

Transportasi

Untuk keliling kota Seoul dan sekitarnya, aku beli T-Money. Kartu ini bisa diisi ulang dan bisa dipakai buat naik subway, bus, bahkan bisa buat jajan di minimarket. Dengan T-Money, kalo kita naik transportasi umum jadi bisa diskon 100 won. Biasanya di sana sekali jalan subway jarak dekat itu 1350 won, tapi kalau pake T-Money jadi 1250 Won emoticon-Big Grin lumayan kan? Isi ulangnya juga gampang, ada di stasiun dan juga bisa di minimarket. Harga kartunya sekitar 2500-5000 Won, kemarin sih aku dikasih sama temen yang habis dr Korea juga jadi nggakusah beli kartu lagi, cukup isi ulang aja. Untuk 7 hari, aku isi ulang 30.000 Won dan ternyata masih nyisa emoticon-Smilie Sisanya bisa direfund juga loh!

Makan dan jajan

Ini dia bagian yang paling banyak menguras budget. Harga makanan di Korea tuh menurut aku mahal, pake banget emoticon-Frown Sekali makan berat yang mengenyangkan itu sekitar 8000 Won atau Rp 100ribu-an. Untuk mengakalinya, aku biasanya makan berat sehari sekali di siang (biar kuat jalan-jalan) dan untuk sarapan paginya aku beli joomukbap alias onigiri di minimarket (900 Won) plus susu banana uyu yang terkenal (1000 Won), sedangkan makan malamnya aku beli jajan street food kayak tteokpokki gitu yang murah-murah. Tipsnya: Coba deh bawa mi instan, lumayan bisa bikin hemat kantong buat makan malam, tapi jangan keseringan yah.

Gimana gan sist, udah ada gambaran kan kira-kira berapa budget buat ke Korea Selatan? emoticon-2 Jempol

Coba aku rangkum lagi ya untuk perjalanan kira-kira 7 hari:

E-Passport: Rp 655.000
Tiket (promo): Rp 3.800.000
Visa: Rp 544.000
Akomodasi: Rp 126.000 x 6 malam = Rp 756.000
Transportasi: Rp 378.000
Makan:
– Makan berat: Rp 100.000 x 7 = Rp 700.000
– Sarapan Rp 25.000 x 7 = Rp 175.000
– Makan malam (jajan) Rp 30.000 x 7 = Rp 210.000

Total Rp 7.218.000 include tiket dan paspor loh ini!

 

Tetapi Perhitungan diatas tidak mutlak ya teman teman, kalian bisa menyesuaikan tempat wisata nya yang beragam harga nya. semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *